Fakultas Ilmu Kesehatan

Merupakan fakultas termuda di Universitas DR. Soetomo. Saat ini mengelola 2 program studi : D3 Kebidanan dan D3 Teknologi Bank Darah.

 

1. D3 Kebidanan

Dirancang untuk menghasilkan tenaga-tenaga bidan yang memiliki kompetensi dalam memberi Asuhan Kebidanan secara profesional. Baik sebagai mitra dokter kandungan (Sp.OG) di rumah sakit maupun sebagai Bidan Praktek Swasta (BPS) yang mampu mengelola rumah bersalin atau klinik kebidanan secara mandiri. Karena itu, peluang kerja lulusan program studi ini amat terbuka lebar.

Beberapa mata kuliah yang wajib ditempuh dalam program ini antara lain : Anatomi Fisiologi; Biologi Dasar Manusia; Keterampilan Dasar Kebidanan; Epidemiologi; Kesehatan Reproduksi & KB; Asuhan Kebidanan; Komunikasi dalam Praktik Kebidanan; Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan; Kesehatan Masyarakat; Promosi Kesehatan; Praktik Klinik Kebidanan Dasar; Praktik Kebidanan Fisiologis : Hamil, Bersalin, Nifas, KB & Kesehatan Reproduksi, Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah; Praktik Kebidanan Komunitas dan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal; Praktik Kebidanan Komperhensif; dsb. Sebagai penunjang, program studi ini juga dilengkapi laboratorium klinik kebidanan yang memadai untuk mengoptimalkan hasil perkuliahan matakuliah tersebut.

           

 

2. D3 Teknologi Bank Darah

Merupakan program studi Teknologi Bank Darah pertama di Jawa Timur dan Indonesia Timur yang didirikan dan diselenggarakan atas kerjasama dengan RSU Haji dan PMI Kota Surabaya. Program ini secara spesifik dirancang untuk menghasilkan tenaga-tenaga transfusi darah yang dibutuhkan untuk bekerja di bank-bank darah RS pemerintah / swasta serta Unit-unit Transfusi Darah (UTD) PMI kabupaten / kota di sekuruh Indonesia, atau sebagai tenanga laboran di institusi-institusi kesehatan yang membutuhkan.

Sejumlah mata kuliah yang wajib ditempuh dalam program ini antara lain : Praktikum Hematologi; Serulogi Golongan Darah; Praktikum Infeksi Menular; Administrasi dan Manajemen Pelayanan Darah; Jejaringan Pelayanan Darah; Praktik Seleksi Donor; Praktik Peyadapan Darah; dsb.

Efektifitas perkuliahan mata kuliah ini ditunjang keberadaan sejumlah sarana laboratorium pendukung, seperti laboratorium Hematologi, laboratorium Serulogi, dan laboratorium Infeksi Menular.

          

 

Mitra Kerjasama

Selain RSU Haji dan PMI Kota Surabaya yang menjadi mitra dalam pendirian dan penyelenggaraan prodi D3 Teknologi Bank Darah, untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Fikes Unitomo juga menjalani kerjasama dengan sejumlah institusi yang bergerak di bidang kesehatan (pemerintah maupun swasta), antara lain :

  • RSUD dr. Soewandhi Surabaya
  • RSAD Brawijaya Surabaya
  • RS Marinir Ewa Pangalila Surabaya
  • RSUD Bangkalan
  • Beberapa Dinkes Kabupaten / Kota di Jatim
  • Beberapa UTD PMI Kabupaten / Kota di Jawa TImur
  • Beberapa Puskesmas, Laboratorium Klinik dan Rumah Bersalin di Surabaya dan sekitarnya.

  • shely
  • 31 January 2018
  • Berita Kampus

Kategori Berita

Berita Terkini

LPM Unitomo Gelar Workshop Metodologi Pengabdian Masyarakat

Rabu, (14/3) Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Workshop Metodologi Pengabdian Masyarakat dan Klinik Proposal di ruang RM. Soemantri. Acara dihadiri oleh dosen peneliti dan pengabdi Unitomo sebanyak kurang lebih 100 orang.

Ciphoc Unitomo Gelar Workshop Fotografi Melawan Hoax

Menyikapi fenomena tersebut, melanjutkan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 25 Unit Kegiatan Mahasiswa Communication Photography Club (UKM Chipoc) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar workshop "Fotografi Melawan Hoax" di Balai Pemuda Surabaya, Rabu (14/3). Diikuti sekitar 80 peserta penghobi foto dari berbagai kalangan, kegiatan Workshop ini mendatangkan Mamuk Ismuntoro, fotografer senior.

Datangkan Ahli Bahasa Jepang dan Inggris, ULCC Berikan Motivasi Belajar Bahasa Asing

Dalam dunia modern seperti sekarang, dunia global menjadikan bahasa asing sebagai salah satu hal yang penting dalam hal berkomunikasi. Menguasai bahasa asing, maka memiliki rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi. Ini yang melatar belakangi Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Lenguage and Culture Center (ULCC) mengadakan acara “Motivation in Foreign Lenguage Learning”, Selasa (13/3).