Fakultas Hukum

Fakultas ini membina 2 program studi, 1 untuk jenjang S1, dan 1 untuk jenjang S2.

1. S1 Ilmu Hukum

Program dirancang untuk menghasilkan lulusan yang punya kemampuan intelektual di bidang hukum melalui penguasaan dasar ilmu hukum dan praktek hukum di Indonesia. Mereka disiapkan agar mampu menganalisa dan memberi solusi atas berbagai persoalan hukum yang terjadi di masyarakat. Beberapa matakuliah dalam program ini antara lain : Dasar - dasar Ilmu Hukum, Hukum Pidana, Hukum Keperdataan, Hukum Tata Negara, Hukum Acara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, serta Hukum Masyarakat dan Pembangunan.

Untuk mendukung penguasaan beberapa skill spesifik di bidang hukum tersedia beberapa sarana Laboratorium Hukum, seperti bidang Negosiasi Kontrak & Simulasi Peradilan agar mahasiswa bisa melatih kemampuan merancang surat - surat perjanjian/kontrak dan mematangkan peradilan di bawah bimbingan para dosen yang juga praktisi hukum. Di samping itu, tersedia Lembaga Konsultasi & Bantuan Hukum (LKBH) yang memberi layanan langsung bagi masyarakat pencari keadilan, sehingga mengingat sejak kuliah sudah disiapkan mempraktekkan ilmu ke masyarakat, maka lulusan program ini pun akan memiliki peluang kerja di banyak bidang baik instansi pemerintah (seperti polisi, jaksa, dan hakim), legal di berbagai perusahaan / perbankan maupun menciptakan lapangan kerja sendiri sebagai konsultan hukum dan advokat/ pengacara.

 

 

2. S2 Magister Hukum

Dirancang untuk memenuhi kebutuhan para lulusan S1 Ilmu Hukum maupun disiplin lain guna meningkatkan intelektualitas di bidang ilmu hukum agar bisa dikembangkan dan dimanfaatkan dalam praktek kehidupan di masyarakat. 2 Konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu Hukum Bisnis dan Hukum Administrasi Negara, masing - masing menyediakan sejumlah matakuliah pilihan seperti :

  • Hukum Bisnis : Hukum Anti Monopoli & Persaingan Usaha Tidak Sehat, Hukum Kontrak, Hukum Perbankan & Lembaga Keuangan, Hukum Hak Kekayaan Intelektual, Transaksi Bisnis Internasional, dan Hukum Kepailitan.
  • Hukum Administrasi Negara : Hukum dan Kebijakan Publik, Teori dan Metode Perancangan Perundang - undangan, Hukum Pajak dan Keuangan Negara, Hukum Pemerintahan Daerah, Hukum Administrasi Negara, serta Sistem Peradilan Administrasi.

 

3. Program Pendidikan Profesi Advokat

Merupakan program studi penyelenggara pendidikan profesi advokat pertama di Indonesia. Program dirancang untuk menghasilkan para advokat yang mampu memberi jasa hukum, baik dalam maupun diluar pengadilan, seperti konsultasi dan bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela, serta melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien; baik orang maupun lembaga.

Berlangsung selama 2-6 semester, program ini terbuka bagi lulusan S1 ilmu hukum yang hendak menekuni profesi advokat. Beberapa matakuliah yang ditempuh antara lain: Sejarah Advokat Indonesia, Teknik Praktik Advokat, Manajemen Advokasi, Implementasi Hukum Pidana/Perdata, Etika Profesi Advokat, Peradilan Pidana/Perdata Khusus, Arbitrasi, Due Diligence, Hukum Bisnis, serta Metode Penalaran dan Penemuan Hukum.

  • shely
  • 31 January 2018
  • Berita Kampus

Kategori Berita

Berita Terkini

LPM Unitomo Gelar Workshop Metodologi Pengabdian Masyarakat

Rabu, (14/3) Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Workshop Metodologi Pengabdian Masyarakat dan Klinik Proposal di ruang RM. Soemantri. Acara dihadiri oleh dosen peneliti dan pengabdi Unitomo sebanyak kurang lebih 100 orang.

Ciphoc Unitomo Gelar Workshop Fotografi Melawan Hoax

Menyikapi fenomena tersebut, melanjutkan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 25 Unit Kegiatan Mahasiswa Communication Photography Club (UKM Chipoc) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar workshop "Fotografi Melawan Hoax" di Balai Pemuda Surabaya, Rabu (14/3). Diikuti sekitar 80 peserta penghobi foto dari berbagai kalangan, kegiatan Workshop ini mendatangkan Mamuk Ismuntoro, fotografer senior.

Datangkan Ahli Bahasa Jepang dan Inggris, ULCC Berikan Motivasi Belajar Bahasa Asing

Dalam dunia modern seperti sekarang, dunia global menjadikan bahasa asing sebagai salah satu hal yang penting dalam hal berkomunikasi. Menguasai bahasa asing, maka memiliki rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi. Ini yang melatar belakangi Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Lenguage and Culture Center (ULCC) mengadakan acara “Motivation in Foreign Lenguage Learning”, Selasa (13/3).